SELAMAT DATANG DI SITUS WEBSITE RESMI SD NEGERI 3 CENGAL BERSINARSelamat hari raya Idul Fitri 2024/1445 H, mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua.

SEJARAH

 

KARAKTERISTIK SDN 3 CENGAL

 

Sekolah Dasar Negeri 3 Cengal, berdiri tahun 1974 yang berawal dari filial SDN 2 Cengal yang awalnya bernama SDN Babakan, terletak di lingkungan alam pedesaan yang nyaman dan asri, di Indonesia Longitude 108.5527498 108.339.899’Edan Langitude -6.9182232 -6.565.603”S beralamat di Jalan Lapang Bola Nomor 101 RT.009 RW.003 Desa Cengal Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat Kode Pos 45555. Terletak sebelas Selatan Lapang Bola Desa Cengal, sebelah utara tanah Pekuburan Umum Desa Cengal, sebelah timur lingkungan penduduk RT.009, dan sebelah barat kebun/hutan Masyarakat.

Mata pencaharian Masyarakat Desa Cengal mayoritas Buruh Tani, Petani Penggarap dan Berdagang begitu pula mata pencaharian orang tua/wali murid SDN 3 Cengal sehingga secara ekonomi 50% orang tuanya berdagang, 30% orang tuanya Buruh Tani dan 10% orang tuanya Petani Penggarap serta kurang lebih 10% orang tuanya Kerja Serabutan, sehingga untuk peningkatan peran serta masyarakat dalam dalam Pendidikan terutama untuk swadaya dukungan pembangunan fisik/sarana prasarana sekolah tingkat partisifasinya diatas 80% didukung oleh tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan oleh komite dan sekolah dalam swadaya pembengunan di sekolah.

Mata pecaharian orang tua murid juga berdampak pula pada penyediaan tingkat Kesehatan terutama sehat gizi sebagian besar murid sudah sarapan sesuai dengan ketercukupan gizi sehingga anak tampil berseri, ceria dan tangkas. Begitu pula untuk sehat imunisasi dan sehat fisik kami telah bekerja sama (MoU) dengan Puskesmas Japara dalam pelaksanaan imunisasi, pemeriksaan Kesehatan dan Tes Kebugaran Jasmani (TKJ) setiap periodik. Untuk Kesehatan Rohani 90% murid telah mengikuti program Magrib Mengaji melalu kegiatan Madrasah Diniyah pada sore hari dan peluncuran Buku Kendali Kegiatan Keagamaan (BKKK) untuk kendali kegiatan ibadah dan hapalan alquran seluruh siswa selama satu tahun.

Sebagai wujud apresiasi program yang telah dicanakan oleh teutama dalam penciptaan lingkungan sekolah yang sehat, sekolah kami mencanakan program sekolah sehat melului persiapan lomba sekolah sehat di kolaborasikan dengan Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan akar masalah kesadaran membuang sampah pada tempatnya, kecermatan memilih jenis sampah, mengolah sampah menjadi bahan dan barang yang bermanfaat. Pada program ini pula diperkenalkan jenis-jenis tumbuhan berkhasiat (Herbal) yang ada dilingkungan sekolah, kandungan/pemanfaatan untuk obat dan cara pengolahannya dengan adanya Apotek Hidup di lingkuangan sekolah, pemasangan ruang baca pemanfaatan obat dan penjelasan manfaat tumbuhan melalui program “Warung Pengetahuan” pada video siswa yang diupload di youtube.  Pembiasaan dan pengetahuan dibangun melalui kolaborasi, partisipasi dan kepedulian murid melalui proses kegiatan P5 yang dilaksanakan setiap hari sabtu yang juga dikolaborasikan dengan kegiatan ekstrakurikuler lainnya di sekolah dan Alhamdulilah taun ini mencapai peringkat ke-3 (tiga) Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Kuningan.

Bentuk kepedulian siswa terhadap lingkungannya melalui Program Pendidikan Lingkungan Hidup yang juga dikolaborasikan dengan P5 serta bekerja sama (MoU) dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Kuningan. Melalui program ini pada tahun 2024 sekolah kami merencakan ikut serta dalam Lomba Sekolah Adiwiyata dengan program yang ditonjolkan adalah Program “Satu Siswa satu Pohon”. Program ini sebagai kepedulian siswa terhadap kelangkaan produktifitas buah mangga di Desa Cengal dan kelangkaan komoditi pohon mangga tradisional yang ada di Desa Cengal seperti varietas mangga Kuweni, Limus, Belengur, Kujang dan lain-lain. Termasuk jenis pohon lainnya yang hampir tidak ada salah satunya pohon jengkol.

Rapor Pendidikan tahun 2022 dan Rapor Pendidikan Tahun 2023 secara mayoritas mengalami peningkatan meskipun ada beberapa kompetensi yang belum mencapai peningkatan yang memuaskan serta bersaarkan rekomendasi Program Berbasis Data (PBD) yang menjadi perioritas benahi oleh sekolah menjadi prohram utama dalam penetapan Rencana Pengembangan dan Anggaran Sekolah (RKAS) pada Aplikasi ARKAS sebagai solusi dalam mengatasi masalah pada Rapor Pendidikan.

Kondisi Guru dan Tenaaga Kependidikan SDN 3 Cengal mayoritas sudah memenuhi standar pendidik baik lulusan dan linieritas pendidikannya sesuai dengan kebutuhan sekolah dan Kurikulum yaitu 1 orang Kepala Sekolah yang Pendidikan S2, 6 orang Guru Kelas pendidikan S1 PGSD/MI, 1 orang Guru PAIdBP Pendidikan S1 PGPAI,  1 orang Guru PJOK Pendidikan S1 PJKR, 1 orang Tenaga Oprator Sekolah Pendidikan SMA dan 1 orang Penjaga Sekolah Pendidikan SD. Tingkat kepercayaan Masyarakat dalam menyekolahkan di SDN 3 Cengal terus meningkat setiap tahun meskipun pada satu desa terdapat 3 (tiga) Lembaga Pendidikan sekolah dasar.

Bentuk layanan Pembelajaran dan Asesmen di SDN 3 Cengal direncanakan melalui proses Asesmen Diagnotik. Priritas program layanan proses dan konten pembelajaran didasarkan pada minat, kesiapan belajar, dan profil belajar melalui proses pembelajaran dan asesmen yang berdiferensiasi, memerdekakan, dan menyenangkan serta tahun ini masih konsensiten terhadap perbaikan proses dan uji coba ragam layanan pembelajaran melalui “blended model” dengan metode “Warung Pengetahuan” melalui kegiatan kolaborasi supervise akademik.

 

Berbagi

Posting Komentar